central dvd bajakan



Jakarta,

Hanya memakai kayu serupa rak atau meja dan TV serta player, lapak-lapak penjual eceran DVD/VCD bajakan di keramaian tak pernah sepi dari pembeli. Selain murah dan dapat ditukar kembali apabila gambar/suara tidak bagus.
Sama halnya di pusat-pusat perbelanjaan baik mall atau pasar tradisionil, stasiun kereta api, terminal bahkan di dalam kendaraan umum pun sang pedagang menjajakannya. Yang menarik, adalah tidak dapat dipungkiri bahwa DVD/VCD bajakan memang dicari oleh hampir seluruh konsumen baik kalangan atas maupun bawah. Penyebabnya, adalah perbedaan harga antara barang original dengan bajakan berkisar antara Rp 30 – Rp 50 ribu.
Di Kawasan Pinangsia Glodok, Jakarta Barat, masih merupakan sentral penggandaan keping DVD/VCD, yang mana bisa menghasilkan ribuan keping bajakan setiap harinya dari berbagai judul film maupun softwear komputer. Tanpa rasa khawatir akan razia petugas, produksi bajakan ini tetap dikerjakan atau dijajakan tepatnya di belakang pertokoan Glodok bersebelahan dengan Pinangsia Plaza di bilangan Jalan Pinangsia Jakarta Barat.
Pembajakan inteletual yang di daerah yang satu ini sepertinya sudah “halal” bagaimana tidak, tengok saja pusat peredarannya di Pinangsia Glodok yang berlantai dua ini tanpa ada rasa takut dan cuek. Para pedagang/pemilik toko menyusun serta merapihkan sampul-sampulnya bersama kepingan bajakan ke dalam plastik di depan tokonya masing-masing.
Sementara yang lain sibuk memasukkan ke pajangan toko. Dan sudah menjadi pemandangan di anggap biasa dan jamak. Apalagi satuan keamanan setempat berpakaian preman lengkap dengan alat komunikasi dua arah ikut andil terciptanya suasanan aman sang pemilik toko.
Seperti diketahui bahwa petugas tak berdiam diri. Polisi yang tergabung dalam Satuan Reserse Industri dan Perdagangan/Indag Polda Metro Jaya telah mengerebek di beberapa lokasi yang dijadikan tempat pembuatan dan penjualan keping optik bajakan. Antara lain, di Perumahan Pluit Mas, tempat tinggal di Tambora serta tempat pedagang/kios pedagang di Pusat Perbelanjaan di daerah Jakarta Timur serta Jakarta Pusat. Dalam operasi pengerebekan bulan Januari, ini petugas menyita ratusan ribu DVD/CVD bajakan, ribuan keping DVD porno dan beberapa tersangka yang ditahan guna penyelidikan lebih lanjut.  (AFN/Nia)
Akhirnya ilmu dagang jadi patokan juga, karena permintaan meningkat tentunya produksi bertambah.    (AFN)

0 komentar:

Post a Comment

blog posting