TUNTUNAN DOA AQIQAH

Berikut ini tata cara dan do'a aqiqah, yang bisa kita pelajari untuk diamalkan. Semua perbaatan tergantung niat, maka sebelum beibadah, tentunya harus niat dan mengetahui do'a-do'anya (do'a aqiqah). Dengan berdo'a dan dengan tata cara (urutan aqiqah yang baik, maka pelaksanaan akan lebih cepat dan sederhana.

Tata cara dan Do'a Aqiqah :
1. diawali membaca Basmalah
2. Membaca sholawat atas Nabi SAW
3. Membaca Takbir
4. Membaca Do'a Aqiqah :
“Bismillahir rohmaanir rahiim Allahumma minka wa ilayka aqiiqotu fulaanin fa taqobbal minnii” (Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Ya Allah dari Engkau dan untuk Engkau aqiqah fulan (sebutkan nama anak yang diaqiqahi) ini aku persembahkan, maka terimalah dariku).
5. Kambing disembelih sendiri oleh ayah dari yang diaqiqahkan.
6. Daging dibagikan kepada fakir miskin dan tetangga dalam keadaan sudah dimasak dahulu.
7. Pada hari itu anak diberi nama dan bersedekah dengan jumlah seberat rambut bayi yang baru dicukur, bernilai 1/2 atau 1 dirham. Sebagian ulama' berpendapat seberat timbangan rambut bayi dengan nilai emas/perak.

Nabi SAW bersada :
Dari Ali bin Abi Thalib ia berkata, Rasulullah SAW telah mengaqiqahkan Hasan dengan seekor kambing, maka Nabi bersabda : “Hai Fathimah, cukurlah rambutnya, bersedekahlah dengan perak seberat rambutnya.” Kemudian Ali berkata lagi : Fathimah kemudian menimbangnya satu dirham atau 1/2 dirham. (HR. At-Turmudzi).

Kambing adalah binatang para Nabi, Setiap Nabi adalah pengembala kambing. Satu-satunya kandang yang bisa untuk sholat adalah kandang kambing. Subhanallah....sungguh kambing ini istimewa dalam Islam. Ibnu Qoyyim menulis bahwa daging kambing bisa menguatkan syahwat 100x lipat.

0 komentar:

Post a Comment

blog posting