Membuat web company profile ternyata tidak bisa asal-asalan karena web tersebut mewakili perusahaan di dunia maya.
Orang mengakses web company profile Anda dengan tujuan untuk mencari informasi. Jika ternyata informasi yang dia cari tidak dia dapatkan, atau malah membingungkan sewaktu membuka-bukanya, tentu akan membuatnya kecewa.
Apalagi sekarang era web 2.0 dimana interaksi antara pengunjung dengan pemilik/pengelola web sangatlah penting dan harus tersedia.
Ada 4 dimensi yang harus dipenuhi, yaitu :
1. To inform
Web CP Anda harus jelas menginformasikan beberapa hal berikut :
- Nama perusahaan
- Logo perusahaan
- Tagline perusahaan
- Visi Misi
- Susunan Management
- Produk
- Layanan
- PROMO
- Online Store
- Peta Situs (Site Map)
- Kegiatan dan berita
- Pemilihan kata
- Kolom pencarian (mekanisme pencarian)
- Email costumer care
- Call center
- Aktualisasi informasi (informasi yang terus up to date)
- Ruang komentar pengunjung
- Halaman forum
- Social media : twitter, facebook, youtube, blog
- Halaman FAQ (Frequently Ask Question)
- Halaman contact us
- Investor Relations
- Kemitraan (Joint Venture)
- CSR (Corporate Social Responsibility)
- Penghargaan yang diraih
- Track record perusahaan
Visi misi perusahaan bisa ditaruh di bawah halaman “about” yang sudah berlaku general sehingga memudahkan pengunjung untuk mencarinya. Juga untuk susunan management, sejarah berdirinya perusahaan dll.
Mengenai ukuran huruf, jangan terlalu kecil supaya mudah pembaca. Jangan kepinginnya biar ada seninya lalu menggunakan jenis font yang susah dibaca.
Akan lebih baik jika web CP Anda menggunakan 2 bahasa (bahasa indonesia dan bahasa inggris) untuk memudahkan pengunjung yang tidak mengerti bahasa indonesia. Jika kesulitan untuk memberikan 2 versi bahasa karena ada konten yang terus update, Anda bisa gunakan google translate. Atau, Anda bisa buat 2 web dengan bahasa yang beda di subdirectory. Misalnya : namawebanda.com/en untuk bahasa inggris dan namawebanda.com/id untuk bahasa indonesia. Nah, Anda tinggal pasang script untuk mengalihkan pengujung berdasar IP mereka. Misal ketika IP pengunjung adalah indonesia, akan diarahkan otomatis ke namawebanda.com/id
Buat kolom search untuk memudahkan pengunjung mencari informasi yang tidak tersedia di navigasi.
Akan lebih bagus lagi kalau web CP Anda memiliki forum. Sehingga pengunjung juga akan senang karena bisa ikut nimbrung.
Social media sangat penting untuk mewakili perusahaan Anda. Di sana Anda bisa menjawab setiap keluhan, kritik dan pujian dari costumer Anda secara dua arah. Jika Anda belum mengerti pentingnya social media, sebaiknya Anda harus segera merapatkan diri untuk cepat belajar.
Halaman FAQ ditujukan untuk memberikan informasi yang sering ditanyakan oleh kebanyakan pengunjung. Sehingga sebelum pengunjung tersebut mengisi form kontak, dia bisa membaca-baca dulu halaman FAQ yang tersedia. Ini tentu juga akan meringankan pekerjaan costumer service.
Anda juga bisa menuliskan tentang JV (joint venture) sehingga akan banyak orang yang bisa bekerjasama dengan Anda. Tentunya ini bagus untuk meningkatkan ukuran perusahaan Anda.
4 dimensi ini dapat Anda jadikan sebagai acuan untuk membuat web company profile atau membenahi web yang sudah ada.
Anda dapat coba analisa beberapa web berikut : myesia.com, indosat.com, xl.co.id, telkomsel.com, telkomspeedy.com. Anda bandingkan, mana yang bisa Anda anggap bagus berdasar ketersediaan 4 dimensi di atas. Ambil sisi positifnya.
artikel dari ; http://adabisnis.com/4-dimensi-yang-harus-ada-di-web-company-profile/
0 komentar:
Post a Comment